oleh

Regsosek 2022 Kota Salatiga Tepat Waktu, Sinoeng Akan Beri Penghargaan

SALATIGA – Pendataan awal dari Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di wilayah Kota Salatiga diharapkan bisa selesai tepat waktu dan tepat sasaran.

Karena akan berpengaruh terhadap capaian prioritas dan keberpihakan kepada masyarakat yang kurang mampu yang ada di wilayah tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi saat membuka Rapat Koordinasi Regsosek 2022 Kota Salatiga di Aula Hotel Laras Asri.

Menurutnya diperlukan sebuah kerjasama yang baik di tingkat kelurahan dan desa dalam mendukung pencatatan data dari BPS tersebut.

“Yang diperlukan adalah sebuah sinergitas, integritas, setiap sumber data, pendamping juga harus memiliki integritas,” kata Sinoeng, Selasa (20/9/2022).

Dirinya juga perintahkan lurah, camat atau staf di wilayah untuk dapat mendampingi saat petugas BPS datang  ke rumah warga.

Sinoeng mengatakan akan memberi penghargaan kepada lurah yang ada di wilayah Kota Salatiga pada saat akhir pelaporan data tersebut.

Periode pendataan mulai bulan Oktober sampai November.

“Saya minta nanti terakhir dipilih Regsosek Award Tahun 2022 dari Wali Kota yang  diberikan kepada lurah, nanti yang bikin indikatornya adalah bapak-bapak dari BPS,” paparnya.

Dalam penilaiannya memiliki indikator terdiri dari kecepatan dalam menyelesaikan, ketepatan waktu, partisipasi keluarga dan antusiasme warga, keberpihakan kepala kelurahan dan kepala wilayah.

Dirinya juga mengingatkan bahwa dalam melakukan pendataan ini jangan ada yang melakukan manipulasi data.

“Hal ini  bisa memenuhi syarat, tepat manfaat, tepat waktu dan tepat sasaran karena hal ini akan kita pakai untuk program penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, bagaimana mengukur pertumbuhan ekonomi, bagaimana sasaran tembak yang harus kita prioritaskan. Good Data Good Priority, kalau datanya bagus, maka memakai basis datanya apa, jangan dari data jarene,” tambahnya.

Setelah kegiatan pendataan ini selesai, maka semua pihak yang terkait  harus bertindak cepat.

“Saya berharap  bisa dilaksanakan tepat waktu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Regsosek 2022, Eddy Supeno menambahkan bahwa kegiatan ini adalah pendataan awal dari Regsosek 2022 di wilayah Kota Salatiga dan diikuti 62 peserta.

“Kegiatan awal ini bertujuan untuk mempersiapkan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan Nomor Induk Kependudukan dan basis data lainnya hingga tingkat desa sampai kelurahan,” kata Eddy.