oleh

Rencana Anies Baswedan Gunakan Uang Hasil Penjualan Saham Perusahaan Bir

bhinnekanusantara.idGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semakin mantap melepas saham Pemprov DKI Jakarta di Perusahaan PT Delta Djakarta. Walau rencana ini menuai pro dan kontra di masyarakat, Anies tetap kukuh pada keputusannya. Dia tetap ingin melepas saham perusahan bir tersebut, sesuai dengan janjinya masa kampanye Pilgub 2017.

Dengan menjual saham tersebut, Pemprov akan mendapat Rp 1,2 triliun dengan uang hasil penjualan saham tersebut. Anies sudah menyusun uang tersebut akan digunakan untuk membangun Jakarta. Berikut ini rencana Anies Baswedan dengan uang hasil penjualan saham PT Delta Djakarta:

1. Untuk Pipanisasi Air Bersih

Anies Baswedan mengatakan uang hasil melepas saham PT Delta Djakarta Tbk dapat dimanfaatkan untuk pembangunan di Ibu Kota. Dia menyebut salah satunya yakni untuk pipanisasi air bersih.

Dia menjelaskan uang hasil penjualan saham sekitar Rp 1,2 triliun dapat membangun sebanyak 100 ribu jaringan. “Saya rasa Jakarta lebih butuh air bersih bukan air beralkohol, itu kebutuhan Jakarta hari ini,” kata Anies di Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/3).

2. Untuk Membangun Sekolah

Anies juga menyebut uang hasil penjualan juga dapat digunakan untuk pembangunan sekolah hingga pembelian bus. Menurut dia, hal tersebut lebih dinyatakan lebih bermanfaat.

“Kami dari awal mempertanyakan di mana unsur pembangunannya dalam sebuah BUMD memproduksi bir. Jadi kalau kita pertahankan uang di situ pertanyaan sederhana, di mana unsurnya. Kalau nggak ada unsur pembangunan jangan badan usaha milik daerah,” ucap Anies.

3. Ditolak Ketua DPRD DKI

Rencana Anies melepas saham Delta Djakarta, ditolak Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Pras menilai perusahaan bir tidak merugikan Pemprov DKI Jakarta. Karena itu, dia tetap menolak rencana pelepasan saham di PT Delta Djakarta Tbk.

“Saya tetap berprinsip, enggak ada yang merugikan untuk pemerintah daerah, apalagi yang dikatakan setahun dapat Rp 50 miliar,” kata Prasetyo.

4. Anies Sebut Pelepasan Saham Bir Tak Pengaruh buat DKI

Bukan hanya untuk membangun Jakarta, Jika melepas saham Pemprov tidak akan berpengaruh terhadap DKI. Anies Baswedan, menyebut Pemprov akan menerima uang hasil penjualan sebesar Rp 1,2 triliun bila melepas saham PT Delta Djakarta Tbk.

Dia juga mengatakan dividen setiap tahun dari perusahaan bir itu hampir sama dengan pajak tempat hiburan Alexis yang telah ditutup beberapa waktu lalu.

“Dividen dari saham ini (Delta Djakarta) per tahun rata-rata Rp 38 miliar. Itu ekuivalen dengan pajak yang dibayarkan tempat hiburan Alexis, kira-kira Rp 36 miliar. Alexis ditutup, enggak terasa tuh di Jakarta,” kata Anies.

 

 

Sumber : Merdeka.com

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng