oleh

Rumah di Banjarnegara Luluh Lantah Ditimpa Tebing, Semua Selamat

Banjarnegara – Sebuah tebing setinggi enam meter longsor menimpa sebuah rumah di Banjarnegara. Akibatnya, rumah tersebut luluh lantah dan hanya menyisakan kamar mandi. Rumah tersebut diketahui milik Paiman warga Desa Jembangan, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara.

Sebelum kejadian, hujan sudah mengguyur Desa Jembangan RT 5 RW 3 sampai pukul 20.00 WIB, Minggu (11/9/2022). Jarwadi, perangkat Desa Jembangan mengatakan, akibat hujan tersebut tebing setinggi enam meter longsor dan menimpa rumah Paiman.

Beruntung, saat kejadian, paiman berada di kamar mandi yang merupakan satu satunya bangunan yang masih utuh. Rumah tersebut dihuni oleh 3 orang, yakni Paiman, istri, dan anaknya.

”Korban selamat, kebetulan anak dan istri sedang di rumah saudara. Suami di kamar mandi dan berhasil selamat,” katanya, Senin (12/9/2022).

Selain rumah, material longsor juga menimpa tiga unit sepeda motor dan satu mobil elf.

”Longsor juga menimpa 3 motor dan 1 mobil,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Andry Sulistyo mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan petugas ke lokasi untuk melakukan evakuasi bersama dengan tim relawan lainnya.

”Saat ini tim berada di lokasi dan melalukan assesment serta evakuasi rumah yang tertimba longsor,”kata dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar waspada karena sudah memasuki musim hujan.

”Saat ini hujan mulai intens, bagi masyarakat diimbau untuk waspada khususnya yang berada di wilayah rawan longsor, hindari tebing,” pungkasnya.