Saat Warga Binaan Lapas Banyuwangi Dibekali Ilmu Lewat Motivasi

Banyuwangi – Motivasi dalam kehidupan dan masa depan tak hanya dibutuhkan masyarakat yang bebas. Namun juga dibutuhkan oleh mereka yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Seperti halnya warga binaan Lapas Kelas II B Banyuwangi, mereka mendapatkan pembekalan ilmu komunikasi dan motivasi.

Tidak tanggung-tanggung, mereka mendapatkan ilmu langsung dari Motivator Nasional, Aqua Dwipayana. Lebih dari seribu warga binaan tampak antusias mendengarkan motivasi yang disampaikan selama kurang lebih dua jam itu di halaman kompleks dalam Lapas Banyuwangi.

Sejak dimulai, warga binaan khusuk mendengarkan materi yang disampaikan mantan wartawan itu. Antusiasme warga binaan semakin terlihat saat sesi tanya jawab.

“Tuhan menciptakan manusia sama. Biar didalam penjara atau tidak. Namun semuanya itu kembali dari kesadaran. Semua boleh bermimpi. Apakah yang ada di dalam Lapas tidak boleh bermimpi dan memperbaiki diri?. Semua punya hak untuk itu,” ujar Aqua Dwipayana di depan ribuan warga Lapas Banyuwangi, Jumat (8/3/2019).

Aqua mengaku tertarik memberikan motivasi kepada warga binaan, karena menurutnya, penghuni Lapas saat ini dianggapnya sempat melakukan khilaf.

“Makanya saya datang untuk berempati lalu memberikan penguatan-penguatan dan motivasi. Kita ajak bangkit kembali,” katanya.

Menurutnya, mereka adalah orang hebat dan luar biasa yang punya kelebihan masing-masing. Buktinya, kata Dia, di dalam Lapas ada enam tim kesenian, hasil karyanya diekspor sampai keluar negara. Dia menyebut tidak semua orang diluar sana yang kondisi bebaspun bisa sehebat warga binaan.

“Bagaimana potensi yang ada di sini bisa dikembangkan di luar sana,” tegasnya.

Aqua mengaku sudah beberapa kali memberikan motivasi dan ilmu komunikasi kepada warga binaan. Seperti di Lapas Tabanan dan Lapas Wanita Bandung. Namun menurutnya di Lapas Banyuwangi yang paling berkesan. Karena pesertanya sangat banyak.

Dia berharap hal seperti ini bisa dijadikan contoh oleh Lapas lain. Untuk itu, dia akan memberikan masukan kepada Dirjen Pemasyarakatan terkait apa yang dibutuhkan warga binaan.

“Minggu depan saya rencananya ketemu Dirjen Pas, saya akan menceritakan hal ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Banyuwangi, Ketut Akbar Herry Achjar, mengaku hal ini merupakan terobosan baru di tempatnya untuk memberikan motivasi warga binaan untuk berubah lebih baik.

“Ini sebagai bagian dari pemberian semangat warga binaan untuk berubah. Kami sebenarnya tidak sengaja bertemu dengan Pak Aqua saat ada penampilan warga binaan kaki mengisi acara di salah satu hotel. Kepedulian Pak Aqua dengan teman-teman dan warga binaan sangat kita harapkan sebelumnya. Dan hari ini lah mereka datang memberikan motivasi kepada kami,” pungkasnya.

 

 

Sumber : Detik

Editor : Awlina login by Polda Jateng