oleh

Saka Bhayangkara Latihan Gabungan Dengan Pamong Saka Bhayangkara

Demak – Anggota pramuka Saka Bhayangkara latihan di Pendopo Parama Satwika, Rabu (21/9/22). Turut hadir dalam latihan ini Pamong Saka Bhayangkara Polres Demak Aiptu Hardono, Bripda M. Abdul Kharis, Bripda Feri Nor Aini.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka. Pramuka juga berarti rakyat muda yang senang bekerja atau berkarya, sebelumnya kita perlu tahu apa itu satuan karya pramuka (SAKA) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Adapun Materi awal yang disampaikan masing-masing krida yakni Krida Saka Bhayangkara yaitu Krida ketertiban masyarakat atau tibmas, krida lalu lintas, krida pencegahan dan penanggulangan bencana (PPB) dan krida tempat kejadian perkara (TKP).

Satuan karya Pramuka (Saka) ini diperuntukkan bagi para pramuka pandega atau para pemuda di usia 16 sampai 25 tahun dengan syarat khusus. Setiap satuan karya memiliki beberapa Krida, yang masing-masing mengkhususkan pada sub bidang ilmu tertentu. Setiap Krida memiliki syarat kecakapan khusus untuk memperoleh tanda kecakapan khusus kelompok kesatuan karyaan yang dapat diperoleh pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu disaka tersebut.

Krida ini disampaikan yakni sebagai bekal bagi para anak-anak tersebut. Dengan dilaksanakan pelatihan ini diharapkan anggota Saka dapat memberikan peran positif disekolahnya masing-masing. Terutama dapat bermanfaat dimanapun lingkungan tempat tinggalnya sendiri, sehingga terbentuk generasi muda yang taat dan berbudi pekerti.