oleh

Salatiga Uji Coba Aplikasi Parkir Elektronik Parkir’o di Jl Jenderal Sudirman

SALATIGA — Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga uji coba aplikasi parkir elektronik atau e-parking yang diberi nama Parkir’o di Jl. Jenderal Sudirman Kota Salatiga.

Pemkot Salatiga memperkenalkan aplikasi e-parking bernama Parkir’o bertepatan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022. Tujuan e-parking adalah menjadi solusi pengelolaan restribusi parkir nontunai yang ada di Kota Salatiga.

Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal parkir kendaraan.

“Layanan e-parking yang saya beri nama Parkir’o ini agar namanya lebih familiar di masyarakat. Saya ingin yang njawani dan mengerucut nama yakni Parkir’o,” jelas Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi di halaman Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga, Jumat (16/9/2022).

Sistem ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan pengawasan restribusi. Dia menyampaikan komitmen akan selalu mendukung kegiatan yang mempunyai pengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat.

“Pilot project untuk e-parking Parkir’o ini akan dilakukan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Kota Salatiga. Ada 28 jukir dengan jam tertentu yang siap untuk menyetorkan hasil parkir melalui aplikasi. Jam penyetoran juga harus dikomunikasikan dengan baik agar tidak miss-komunikasi,” ujarnya.

Selain itu, dia juga mengajak seluruh ASN Kota Salatiga untuk tidak menggunakan mobil atau kendaraan pribadi dan beralih menggunakan kendaraan umum pada hari yang sudah ditentukan.

“Bisa tidak dalam seminggu ditentukan hari apa untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi. Bisa menggunakan ojek online, angkot, moda trasportasi lain sehingga bisa merasakan bagaimana detak dan denyut jantung saat naik angkot, ikut antre, agak telat, dan lain-lain,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga, Sri Satuti, mengatakan peluncuuran aplikasi Parkir’o merupakan simbol untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Tema peringatan nasional hari Perhubungan tahun 2022 adalah Bangkit Maju Bersama. Dishub juga menggandeng stakeholder, salah satunya pihak Bank Jateng Cabang Salatiga dalam kegiatan Launching e-Parking,” jelas Sri Satuti.

Kadishub perempuan ini menyampaikan retribusi parkir merupakan salah satu pendapatan asli daerah. Banyak masyarakat, katanya, menuntut transparansi penarikan retribusi.

“Dengan adanya launching e-parking Parkio’o tersebut nantinya uang parkir akan disetorkan juru parkir langsung ke Bank Jateng lewat online. Hal ini diharapkan akan mengurangi apa yang dituduhkan berbagai pihak kalau ada kebocoran di parkir. Semoga ini bisa menjadikan restribusi parkir menjadi lebih baik lagi.”