oleh

Satgas Normalisasi Saluran Air

bhinnekanusantara.id – Rusaknya gorong-gorong, sering menyebabkan terjadinya banjir hingga tanah longsor. Untuk itu, Satgas TMMD Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan, melakukan perbaikan gorong-gorong yang rusak akibat usia.

Kerusakan gorong-gorong ini terjadi karena tingginya volume kendaraan yang melintas, sementara kualitas bangunan tidak sesuai dengan volume kendaraan. Sehingga, bangunan tersebut rusak.

“Kita perbaiki, karena jalan ini merupakan akses utama warga dalam membawa hasil bumi. Tak hanya itu, sejak rusak jalan ini sering banjir karena hujan lebat. Air membludak dan mempercepat kerusakan jalan,” kata Taufik, warga setempat, Senin (11/3).

Melihat kondisi tersebut, dia bersama warga lainnya meminta para tentara yang sedang melakukan kegiatan TMMD di desanya, untuk membangun gorong-gorong tersebut. Normalisasi ini sangat penting, agar tidak lagi terjadi banjir saat hujan lebat.

Danramil 01 Banjarnegara, Kapten Inf Parsono mengatakan, perombakan dan perbaikan gorong-gorong ini merupakan aspirasi masyarakat yang harus ditindaklanjuti. Sehingga, dia meminta prajurit TNI yang berada di lokasi untuk segera memperbaiki dan membangun kembali gorong-gorong tersebut.

“Percuma kita membuat jalan, tapi bakal cepat rusak akibat tergerus air. Sehingga selain selokan, gorong-gorong juga menjadi bagian penting dalam pembangunan jalan,” katanya.

 

 

Sumber : Panturapost.com

Editor : Kiss login by Polda Jateng