oleh

Satkamling Desa Gumelem Wetan, Wakili Banjarnegara Pada Lomba Satkamling Tingkat Polda Jateng

Banjarnegara – Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara terpilih mewakili Polres Banjarnegara dalam lomba Satkamling tingkat Polda Jawa Tengah, Tim dari Polda Jawa Tengah melakukan penilaian Satkamling, Kamis (21/07/2022) malam.

Saat dilakukan penilaian berbagai atraksi ditampilkan Satkamling Desa Gumelem Wetan seperti peragaan yel-yel, gerakan periksa kerapihan, cara membawa tahanan dan nyanyi tanda kentongan, kemudian simulasi penangkapan pencurian dengan pemberatan. Tim penilai juga melakukan pengecekan perlengkapan yang ada di Pos Satkamling.

Ketua Tim penilai lomba Satkamling Polda Jawa Tegah AKBP Nunuk Setiyowati. SIK, MH, mengatakan, Satkamling itu merupakan bagian dari pengamanan swakarsa. Dulu namanya Siskamling namun sekarang setelah ada peraturan baru berubah menjadi Satkamling.

“Kegiatan lomba ini, bertujuan untuk meningkatkan semangat siskamling dalam menciptakan keamanan dilingkungan masing-masing. Karena untuk dapat menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif itu bukan semata menjadi tugas dan tanggung jawab Polri saja, namun merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata AKP Nunuk saat memberikan sambutan.

Menurut dia, Polri tidak mungkin bisa menciptakan situasi kambtibmas yang kondusif tanpa adanya bantuan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat, oleh karenanya peran serta aktif dari masyarakat sangat diperlukan agar semuanya dapat terwujud.

Nunuk menambahkan, Kriteria dalam penilaian lomba Satkamling terdiri dari beberapa aspek. Secara garis besarnya meliputi aspek kesiapan anggota pos kamling dan aspek pos kamling nya itu sendiri.

“Dalam Simulasi yang di lakukan oleh Satkamling Desa Gumelem Wetan tadi sudah sangat baik, cara melakukan patroli juga sangat baik karena di lakukan oleh lebih dari satu orang, menurut saya ini sudah betul,” lanjutnya

Sementara itu, Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto S.I.K, M.H memberikan apresiasi dan dukungan kepada Satkamling Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan yang sudah mewakili Polres Banjarnegara untuk mengikuti lomba Satkamling tingkat Polda Jawa Tengah.

“Kami berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Satkamling Desa Gumelem Wetan, sebagai Satkampling terbaik tingkat Polres Banjarnegara dan malam ini maju mengikuti lomba sebagai perwakilan di tingkat Polda Jawa Tengah, “ungkap Kapolres.

Siskamling ini, lanjut AKBP Hendri, merupakan wujud nyata peran serta masyarakat bersama Polri yang didukung TNI untuk sama-sama mewujudkan kamtibmas dalam upaya pencegahan dan pengamanan ditiap lingkungan.

“Besar harapan kami kepada Tim penilai Polda Jawa Tengah, Satkamling Desa Gumelem Wetan bisa maraih juara satu kalaupun tidak ya juara dua,” katanya.