oleh

Satlantas Polres Banjarnegara Ajak Ojek Online Serta Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu lintas

Bhinnekanusantara.id, Banjarnegara – Satuan Lalu Lintas Polres Banjarnegara mengajak para pengendara ojek online (ojol) serta pelajar menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Ajakan dibuktikan dengan memberikan pelatihan Safety Riding kepada Ojol yang tergabung dalam Keluarga Besar Driver On Line Banjarnegara (KBDOB) dan pelajar SLTA di Halaman Satpas Polres Banjarnegara, Rabu (09/12/20).

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si mengatakan, pelatihan tersebut penting dilakukan, guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya budaya tertib berlalu lintas dan menanamkan sikap disiplin, apalagi saat ini masa pandemi covid-19, saat berkendara sering jadi tempat kontak antar masyarakat.

“Budaya tertib berlalu lintas dan sikap disiplin itu penting  dilakukan, selain itu masyarakat juga dituntut untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, mengingat masih pandemi covid-19, sehinga saat berkendara bisa selamat dan sehat, ” katanya.

Sementara itu, AKP Erwin Chan Siregar, SH, SIK, MH mengatakan, lalu lintas merupakan urat nadi kehidupan karena setiap aktifitas melalui jalan, karena semua berhubungan dengan jalan, maka harus ada aturan agar teratur.

“Ketika akan beraktifitas baik berangkat kerja, pasar, semua kegiatan selalu terkait dengan jalan, sehingga perlu adanya pengetahuan tentang lalu lintas,” katanya.

Kasatlantas mengungkapkan, materi pelatihan terdiri dari teori dan Praktek. Teori safety riding terangkum dalam tiga siap.

“Siap diri, siap kendaraan dan siap mematuhi peraturan lalu lintas,” katanya.

Ia menjelasakan, siap diri yakni wajib sehat jasmani dan rohani, tidak sedang sakit, mempunyai pengetahun etika berlalu lintas, punya SIM dan berdo’a.

“Badan kondisi fit, ketika sakit jangan dipaksakan, pengetahuan etika beralu lintas, dijalan kita tidak sendiri sehingga harus saling menghormati sesama pengguna jalan, bahu jalan bukan untuk mendahului, bahu jalan diutamakan kendaraan yang sedang ada ganggun, ketika mengikuti kendaraan tidak mepet jaga jarak aman, bijak dalam membunyikan kelakson, tidak menggunakan handphone,” bebernya.

Siap kendaraan, lanjut Kasatlantas, pastikan kendaraan yang akan dikendarai laik jalan.

“Lihat kondisi fisik kendaraan, rem, spion, ban, lampu tidak mati, surat-surat kendaraan, pastikan mesin fit, ujarnya.

Siap mematuhi peraturan lalu lintas, masih dikatakan kasatlantas,  yakni semua yang terkandung dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009.

“Pengendara wajib mengetahui apa yang terkandung didalamnya termasuk makna yang terkandung dalam rambu-rambu lalu lintas,” pungkasnya.

Perlu diketahui, hadir dalam kegiatan, Kapolres, Wakapolres, PJU dan anggota Sarsipol. Saat kegiatan ini juga disampaikan sosialisasi terkait covid-19, membagikan partisi pembatas kepada ojek online untuk mencegah penularan covid-19. Pelaksanan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

News Feed