oleh

Seluruh Jenazah Korban Longsor Manggarai Barat Telah Dievakuasi

bhinnekanusantara.id – Tim search and rescue (SAR) gabungan berhasil mengevakuasi empat jenazah terakhir dari delapan orang yang menjadi korban tanah longsor di desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu (10/3/2019).

Banjir dan longsor menyulitkan akses masuk ke desa tersebut sehingga evakuasi hanya dilakukan dengan alat seadanya sejak terjadinya bencana Kamis (7/3/2019) lalu.

Tim gabungan Basarnas, Polres Manggarai Barat (Mabar), TNI, dan Pemkab Mangarai Barat akhirnya membuahkan hasil dengan dievakuasinya jenazah Paulus Salim (61), Nelti (6), Margareta Ersi (40), dan Jelita Mensa (13).

“SAR gabungan ini terdiri dari 11 anggota Sabhara Polres Mabar Dipimpin Langsung Oleh Kasat Sabhara IPTU Markus Malik, 10 orang dari Satuan Brimob SUB DEN 4 Labuan Bajo, 15 orang dari TNI AD dan AL, empat Orang BASARNAS Labuan Bajo, dan lima orang dari BASARNAS Maumere dipimpin Oleh Kasi OPS BASARNAS,” kata anggota Polres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono Bripda Roberto Emanuel Andreas Sino.

Terkait dengan kondisi bencana, Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono bersama melakukan pemantauan di Desa Gorontalo dan Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo.

“Warga sementara beraktivitas membersihkan rumah dari material lumpur dan genangan air yang terbawa banjir, serta membersihkan perabot rumah tangga. Kondisi air di Dusun Gorontalo dan Dusun Nanganae telah surut dan arus lalu lintas ramai lancar,” kata Kapolres.

“Sementara titik longsor pertama di Kampung Mamis, Desa Liang Dara, Kec. Mbeliling untuk memantau langsung pengerjaan penggusuran material longsor dengan menggunakan alat berat.”

Laurens Sopang, kepala Sekolah Menengah Agama Katolik di Mbeliling, memberikan apresiasi atas keberhasilan aparat mengevakuasi seluruh korban.

“Semua patut bersyukur untuk kerja keras tim SAR gabungan ini, sebab dengan alat seadanya mereka kerja tanpa lelah menemukan jenazah yang tertimbun, saya memberi apresiasi atas kerja tim ini, semoga Tuhan menganugerahķan yang terbaik untuk mereka,” ujarnya.

 

 

Sumber : Berita Satu

Editor : Aishwarya login by Polda Jateng

News Feed