Semua Komisioner KPU RI Datang di Sidang Perdana Sengketa Pilpres

bhinnekanusantara.id – Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang Pemeriksaan Pendahuluan pukul 09.00 WIB di Ruang Sidang Pleno Gedung MK dengan agenda pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi permohonan. Ketua KPU RI Arief Budiman saat dikonfirmasi mengaku pihaknya akan datang lengkap dengan enam komisioner lainya.

“Kuasa hukum kemudian ketua dan anggota KPU, kami akan hadir semua. Jadi masing-masing dari kita sudah secara spesifik mempelajari dan menguasai hal-hal pokok yang nanti harus dijelaskan di proses persidangan,” ujar Arief di Jakarta, Jumat (14/6).

Adapun, permohonan pemohon pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terdaftar dengan nomor registrasi 01/PHPU.PRES/XVII/2019 ini. Pemohon menggugat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 987/PL.01.08-KPT/06/KPU/V/2019 Tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota secara nasional dalam Pemilu 2019 yang ditetapkan oleh KPU pada Selasa (21/5) lalu.

Seperti diketahui, MK akan menggelar sidang perdana dan akan memutuskan apakah sengketa atau gugatan yang diajukan bisa berlanjut atau tidak ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohonan beserta barang bukti yang diajukan (Putusan Sela).

Pada 17 Juni 2019, MK melakukan sidang dengan agenda pemeriksaan pembuktian. Hal ini termasuk rangkaian dalam proses persidangan sengketa.

Kemudian 24 Juni 2019, adalah sidang terakhir MK, lalu pada 25-27 Juni 2019, MK menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH). Setelah itu, pada 28 Juni 2019 MK akan membacakan putusan sengketa pilpres dalam sidang.

 

 

Sumber : MediaIndonesia

Editor : Kiss login by Polda Jateng

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.