oleh

Siap Jaga Kamtibmas, Polres Pati Gelar Pelatihan Pengamanan Kesiapsiagaan Kenaikan BBM

Pati – Polres Pati mengadakan pengamanan personil dan kegiatan apel penggelaran personil, peralatan dan pelatihan Dalmas, di halaman Mako Satsabhara, Minggu pagi (4/9/2022). Kegiatan tersebut dalam upaya kesiap-siagaan dan mengantisipasi kenaikkan BBM.

Apel itu merupakan implementasi atau rencana aksi dari Kapolda Jawa Tengah untuk menghadapi situasi, terutama kenaikkan BBM.

Usai memimpin apel, Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, apel kesiapsiagaan tersebut juga untuk mengecek kelengkapan personil dan kelengkapan sarana prasarana.

“Ini dalam rangka menyikapi perkembangan situasi yang saat ini yang sama-sama kita ketahui adanya pengumuman kaitan dengan kenaikkan BBM. Jadi dengan melaksanakan apel ini tentunya Kita mengecek kesiapan, apabila nantinya kedepan kita dihadapkan menjaga pada tempat-tempat (obyek) seperti SPBU. Kemudian mungkin ada masyarakat nantinya akan melaksanakan aksi aspirasi, kita juga akan melayani dengan baik,” katanya.

Pada apel itu, Kapolres juga mengingatkan anggota Polres Pati ketika menghadapi aksi masa, untuk mengedepankan sisi humanis, serta tidak reaktif.

“Juga penggunaan senjata api tidak diperkenankan. Untuk itu yang termasuk juga diadakannya apel tersebut juga agar seluruh personil paham melaksanakan tugas-tugasnya di lapangan. Tahu berbuat apa? Bertanggung jawab kepada siapa?, dan dalam pembagian tugasnya jelas,” katanya

AKBP Christian Tobing menegaskan, Polres Pati akan mengerahkan seluruh fungsi yang ada, mulai dari Samapta, Reskrim, Intel, Lantas, serta pleton Polwan yang bertugas sebagai negosiator. Pleton negosiator ini nanti yang akan berada di depan untuk menghadapi aksi aspirasi dari masyarakat.

Usai apel, Kapolres AKBP Christian Tobing melakukan pemeriksaan kelengkapan personil dan sarana prasarana, serta menyaksikan pelatihan personil Dalmas dalam rangka kesiapsiagaan menjaga perkembangan situasi kamtibmas.