Suku Nusantara Gelar Aksi Solidaritas Papua di Solo

bhinnekanusantara.id – Aksi solidaritas Papua terus muncul di berbagai kota, termasuk yang dilakukan puluhan pemuda dari berbagai suku Nusantara yang bermukim di Kota Solo, Jumat (30/8) malam.

Mereka merasa terusik dan prihatin dengan perkembangan yang terjadi di Pulau Cendrawasih itu. Karenanya, mereka merasa perlu menggelar aksi solidaritas sekaligus pernyataan sikap atau ikrar untuk NKRI.

“Pernyataan ini dilandasai semangat kesetaraan dan kebinekaan Indonesia. Seharusnya perbedaan-perbedaan kita, baik fisik maupun pemikiran, tidak lagi memancing kebencian dan reaksi berlebihan,” tegas koordinator aksi solidaritas suku Nusantara di Solo, D Liestianto dalam gelaran solidaritas dan keprihatinan.

Ia mengatakan, sebagai anak bangsa, warga dari suku Nusantara yang ada di Solo bertekad tetap menjaga dan memperkokoh NKRI berdasar ideologi Pancasila dan dasar negara UUD 45.

Lebih dari itu, barisan suku Nusantara di Solo akan terus menjaga semangat kebhinekaan dan antiintoleransi, rasialisme, dan radikalisme serta menolak separatisme yang bisa memecah belah anak bangsa.

Puluhan pemuda Papua yang bermukim di Solo karena tugas kuliah dan karena pekerjaan itu pun tetap minta bergandengan membangun kebersamaan, menjaga persatuan dan kesatuan.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo bersama unsur Muspida, seperti Kapolresta AKBP Andy Rifai dan Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan sangat mendukung aksi solidaritas untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

 

sumber : MI

editor : saibumi @polda jateng #polres rembang

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.