oleh

Survei SMRC: Elektabilitas Jokowi Terpaut 23% di Atas Prabowo

bhinnekanusantara.id – Lima pekan jelang pencoblosan Pilpres 2019, elektabilitas pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin masih di atas lawannya, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jika Pilpres digelar saat survei digelar, Jokowi-Maruf akan meraih suara 54,9 persen.

Sedangkan Prabowo-Sandiaga 32,1 persen dan undecided voters atau yang belum menentukan pilihan tinggal 13 persen.

Hal itu merupakan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Minggu (10/3/2019).
Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, walaupun jumlah undecided voters masuk ke Prabowo tetap selisih elektabilitas sekitar 10 persen.

“Selisih Paslon Jokowi-Maruf dengan Prabowo-Sandiaga kini terkaput 23 persen. Undecided voters 13 persen kalaupun ditambahkan untuk paslon Prabowo-Sandi tetap masih selisihnya 10 persen. Angka ini lebih besar dari selisih Pilpres 2014 yang sekitar 6 persen,” ujar Deni Irvani dalam paparan hasil surveinya di Jalan Cisadane, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/03/2019).

Survei dilakukan pada akhir Januari 2019. Sekitar 87 persen calon pemilih sudah bersikap akan memilih pasangan mana.

Hadir sebagai narasumber dalam paparan hasil survei itu seperti Komisioner KPU RI Hasyim Asyari, Ketua Bawaslu RI Abhan, mantan Komisioner KPU RI Hadar Nafis Gumay dan influencer TKN Jokowi-Ma’ruf Maruarar Sirait.

Deni mengatakan, secara umum warga menilai KPU dan Bawaslu percaya mampu menjalankan Pemilu dengan baik. Hanya ada 11 sampai 13 persen yang menilai KPU tidak netral dalam Pemilu 2019.

 

 

Sumber : Berita Satu

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng