oleh

Terkendala Penganggaran, Pemkab Kudus Baru Cairkan Santunan Kematian 2018

bhinnekanusantara.id Pemerintah Kabupaten Kudus salurkan santunan kematian yang jumlahnya sebanyak Rp 1,6 miliar. Santunan tersebut sedianya dibagikan pada 2018. Namun karena kendala penganggaran baru bisa dicairkan saat ini.

“Kalau yang meninggal karena sakit mendapat santunan dari Pemkab sebanyak Rp 1 juta sedangkan yang anggota keluarga yang meninggal karena kecelakaan mendapat santunan Rp 2,5 juta,” kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus, Ludful Hakim, saat pencairan santunan kematian di Balai Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Rabu (13/3/2019).

Dia mengatakan pencairan santunan kematian yang seharusnya dicairkan pada 2018 itu baru bisa dicairkan saat ini setelah diusulkan untuk penganggarannya.

“Santunan disalurkan dalam tiga hari terakhir ini. Yaitu kemarin hari ini dan besok. Per hari pencairan untuk tiga kecamatan, tiga hari selesai,” katanya.

Sementara, Bupati Kudus Muhammad Tamzil mengatakan, pada 2019 ini santunan kematian bisa dicairkan langsung. Pihaknya menganggarkan sebesar Rp 3 miliar dalam satu tahun anggaran.

Olehnya, bagi warga yang anggota keluarganya meninggal supaya melaporkan ke pengurus RT/RW atau perangkat desa setempat. Kemudian biar segera dilanjutkan ke Dinas Sosial.

 

Sumber : Tribun Jateng

Editor : Kiss login by Polda Jateng