TNI-Polri Diminta Mendampingi Pelajar Papua

bhinnekanusantara.id – Pemerintah menginstruksikan aparat TNI-Polri mendampingi pelajar-pelajar Papua yang berada di daerah. Pendampingan dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para Papua.

“Kita anjurkan dari pejabat kepolisian, dari, TNI nanti punya anak asuh, anak asuh ikut merawat, punya hubungan telpon dengan mereka (pelajar-pelajar Papua),” kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto dalam konferensi pers di Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2019.

Wiranto menilai upaya tersebut efektif memberikan rasa aman. Secara tidak langsung, kata dia, akan tercipta hubungan layaknya orang tua terhadap anaknya.

“Adek-adek kita merasa nyaman di manapun mereka berada, merasa menjadi keluar besar, keluar Indonesian tidak terisolir, tidak eksklusif,” tuturnya.

Mantan Panglima ABRI itu mengatakan jika masyarakat Papua dan Papua Barat sempat termakan isu perlakuan sewenang-wenang terhadap pelajar di daerah. Namun, kabar tersebut telah diklarifikasi pemerintah.

“Mahasiswa yang eksodus dari daerah kembali ke Papua telah dilakukan suatu komunikasi dengan para orang tuanya,” katanya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dipastikan akan memfasilitasi para pelajar Papua dan Papua Barat yang ingin kembali ke daerah pendidikan asal. TNI menyediakan pesawat jenis Hercules bagi para pelajar.

 

sumber : medcom

editor : saibumi @polda jateng #polres rembang

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.