oleh

TPA Bedagas Ditutup Sementara, Pembuangan Sampah Tersendat

bhinnekanusantara.id – Dua hari terakhir, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Bedagas ditutup sementara. Pasalnya, jalan masuk TPA tengah dibenahi. Imbasnya, pembuangan sampah di masyarakat tersendat.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PSLB3 dan PKLH) Dinas Lingkungan Hidup Sukirto mengatakan, agar sampah tidak menumpuk, pihaknya berupaya mencari solusi ada tempat sementara untuk pembuangan. “Kita tidak tinggal diam.

Namun berupaya mencari penanganan agar sampah tidak menjadi darurat dan tidak terbuang. Sejumlah lokasi sedang kami jajaki dan tidak boleh menimbulkan masalah baru,” katanya, Senin (11/3). Dituturkan, saat TPA Bedagas tidak menerima pembuangan sampah, maka sampah di jalan protokol kota dialihkan ke TPS dekat GOR Goentor Darjono. “Sampah juga berasal dari masyarakat dan yang harus mengelola sampah bersama juga masyarakat.

Jangan sampai karena TPA tidak beraktivitas, sampah menumpuk. Ini akan menjadi masalah,” tambahnya. Menurut Sukirto, TPA baru di Bedagas difungsikan terlalu dini. Jadi saat ada pembenahan, aktivitas harus dihentikan. “Dulu difungsikan lebih dini karena penutupan TPA Banjaran dan Purbalingga darurat sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, beberapa warga di wilayah Kecamatan Kalimanah mengaku baru mengetahui TPA Bedagas ditutup sementara. Mereka hanya tahu kalau sampah tidak diambil oleh truk sampah. Namun warga berharap pemerintah segera ada solusi tempat sementara. “Jangan sampai terlalu menumpuk, karena akan menyebabkan kotor di lingkungan dan tidak sehat,” ujar beberapa warga.

 

 

Sumber : Radar Banyumas

Editor : Aishwarya login by Polda Jateng