Underpass Terpanjang di Indonesia Tengah Dibangun di Yogyakarta

Yogyakarta – Yogyakarta tidak lama lagi akan memiliki jalan bawah tanah (underpass) terpanjang di Indonesia. Underpass itu berada tepat di bawah Bandar Udara New Yogyakarta International atau bandara Kulon Progo dengan panjang 1.302 meter. Jalur ini masuk dalam ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang menghubungkan Yogyakarta dan Purwokerto.

Dikutip dari akun Twitter @humas_jogja, Dirjen Bina Marga akan mengusung kearifan lokal sepanjang ruas underpass, seperti ornamen batik khas Yogyakarta di sisi kiri dan kanan dinding underpass tersebut. Proyek dengan nilai kontrak mencapai Rp293,18 miliar ini digarap oleh WIKA dan MCM KSO.

Saat ini proses pembebasan lahan masih terus berlanjut. Pemda DIY menyiapkan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk membebaskan lahan yang akan dipakai.

Proyek underpass ini dibangun tepat di bawah bandara NYIA yang direncanakan rampung Desember 2019 mendatang.

Sebenarnya Indonesia pernah memiliki terowongan terpanjang sebelum nantinya underpass NYIA ini digunakan, yaitu terowongan Wilhelmina. Nama terowongan yang memiliki panjang 1.116 meter ini adalah terowongan kereta api di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Terowongan tersebut dibangun oleh perusahaan perkeretaapian Staatsspoorwagen (SS) pada tahun 1914 menghubungkan jalur kereta api rute Banjar-Pangandaran-Cijulang. Namun, kini terowongan ini sudah tidak aktif dilalui kereta.

 

 

Sumber : Akurat

Editor : Awlina login by Polda Jateng