oleh

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Desa Sarwodadi

Banjarnegara – Kodim 0704/Banjarnegara melaksanakan Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap II Ta 2002 dengan tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” hari ini secara resmi oleh Pj Bupati Banjarnegara ditandai dengan penandatangan dan naskah penyerahan Program TMMD dari Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto, S.H kepada Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan, S.E., M.Si. di desa Sarwodadi Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto, S.H membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH., M.IP menyampaikan Kegiatan TMMD merupakan spirit kegotong royongan dan kebersamaan kembali kita teguhkan dalam suatu aksi nyata melalui TNI membangun desa (TMMD)Reguler ke -114 Dan sengkuyung tahap II TA 2022.

Program TMMD telah menjadi bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan- persoalan kebangsaan, tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat saja,TNI/Polri saja atau pemerintah daerah saja semua mesti keroyokan,dan semua mesti bersinergi serta berkolaborasi bersama rakyat.

Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat Dan Daerah, melalui TMMD Seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa. Tak terasa kegiatan TMMD atau TNI manunggal membangun desa, dulu dikenal dengan istilah AMD Atau ABRI masuk Desa, yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1980 dan sampai dengan saat ini sudah berjalan selama 42 tahun.

Program TMMD menggunakan sistem “ Bottom Up Planning” yaitu proses pembangunan yang dilakukan secara berjenjang dari level desa hingga Kabupaten/Kota yang memenuhi aspek kesejahteraan dan bermanfaat untuk pertahanan negara. TMMD selama ini membantu Pemerintah Daerah dalam akselerasi pembangunan yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik dan non fisik guna memantapkan kemanunggalan TNI- Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh terutama untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa tengah juga berharap TMMD kali ini bisa disisipkan aneka program yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai nilai nasionalisme ini penting mengingat maraknya hoaks perundungan dan ujaran kebencian yang muncul di tengah kehidupan berpotensi memecah belah bangsa. Mari kita sadarkan masyarakat tentang artinya persatuan dan kesatuan bangsa demi Indonesia jaya;.

Dwi tunggal TNI- Rakyat melalui TMMD saatnya kita lanjutkan karya bakti dan pengabdian pada ibu pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan negri ini.

Sementara itu Dandim Banjarnegara kegiatan sasaran pokok Pembuatan jembatan sepanjang 17 meter, Lebar 4 meter sasaran tambahan 1 unit Poskamling, 5 unit Rehab RTLH serta kegiatan non fisik.

sumber : Pendimbna