BREAKING

Berita JatengHukumNews

Wakapolres Batang Pimpin Apel Pasukan Operasi Zebra Candi 2023

BATANG, Jateng – Jajaran Polres Batang, Polda Jateng, menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2023 di Mapolres setempat, Senin (4/8/2023). Apel tersebut dipimpin Wakapolres Batang, Kompol Raharja.

Dalam arahannya, Kompol Raharja menegaskan pentingnya menekankan fungsi Lalu Lintas sebagai sektor utama dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023.

“Operasi ini direncanakan berlangsung selama dua pekan, mulai dari tanggal 4 hingga 17 September 2023, dengan fokus pada pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis,” jelasnya.

Operasi ini juga akan dilakukan penegakan menggunakan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau tilang elektronik, baik secara statis maupun mobile, serta teguran yang bersifat simpatik, semuanya bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Batang, AKP Agus Pardiyono, yang bertindak sebagai Komandan Apel, menjelaskan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan Operasi Zebra adalah untuk mengurangi angka pelanggaran, kecelakaan, dan fatalitas lalu lintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Ia menekankan bahwa Operasi ini tidak bertujuan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan sebagai bentuk kecintaan Polri kepada masyarakat yang ingin menjaga keselamatan dan ketertiban berlalu lintas.

AKP Marinus, juga mengungkapkan bahwa target utama Operasi Zebra Candi 2023 adalah penindakan terhadap knalpot brong, pelanggaran melawan arus, dan pengendara di bawah umur yang tidak memiliki SIM.

“Fokus utama mereka adalah penindakan knalpot brong, serta pemeriksaan perlengkapan dan surat-surat berkendara seperti STNK, SIM, helm, dan spion yang tidak sesuai standar. Tindakan tegas ini diambil untuk menekan jumlah kecelakaan lalu lintas,” tegasnya.

Data dari pelaksanaan Operasi Zebra Candi tahun 2022 di wilayah Polda Jawa Tengah mencatat adanya peningkatan angka kecelakaan sebanyak 22% dibandingkan tahun 2021, namun jumlah korban meninggal dunia mengalami penurunan sebesar 13%.

Secara keseluruhan, pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2023 akan berfokus pada seluruh bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang dapat mengganggu ketertiban lalu lintas. Diharapkan bahwa melalui Operasi Zebra Candi 2023, masyarakat dapat lebih tertib dalam berlalu lintas, angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat ditekan, dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan berlalu lintas dapat meningkat di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Ini semua bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri dalam menjaga ketertiban lalu lintas.

 

Polres Batang, Kapolres Batang, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Jateng, Kabidhumas Polda Jateng, Bidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi

Ikuti berita terkini di Google News, klik di sini.

Related Posts