Wakapolres Jepara Hadiri Peringatan HUT Pramuka ke 58 Tahun 2019.

Jepara – Hari ini (14/08/2019) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 58 Tahun 2019. Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana memiliki arti yaitu jiwa muda yang suka berkarya.

Kepramukaan memiliki tujuan untuk membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur, dimana sistem pendidikan kepanduan yang sudah disesuaikan dengan keadaan, kepentingan serta perkembangan masyarakat dan Bangsa Indonesia.

Untuk peringatan HUT Pramuka ke 58 Tahun 2019 di Wilayah Kab. Jepara dipusatkan di Alun – Alun Kab. Jepara.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Jepara Polda Jateng Kompol Dr. Pranandya Subiyakto, S.H.,M.Hum. beserta Anggota Polres Jepara turut menghadiri rangkaian kegiatan peringatan HUT Pramuka ke 58 Tahun 2019 dengan mengenakan seragam Pramuka.

Usai kegiatan tersebut, , Wakapolres Jepara Polda Jateng Kompol Dr. Pranandya Subiyakto, S.H.,M.Hum. menjelaskan bahwa sebelum singkatan Pramuka ditetapkan sebagai Praja Muda Karana, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX (yang saat itu Ketua Kwartir Nasional) dari kata “Poromuko” yang berarti pasukan terdepan dalam perang dimana kegiatan Pramuka bertujuan agar setiap diri sari seorang pramuka yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani serta menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.

“Selamat HUT Pramuka ke 58 Tahun 2019 semoga melalui kegiatan Pramuka yang ada disekolah – sekolah dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang sigap, disiplin sserta berjiwa Pancasila yang siap untuk membangun Bangsa Indonesia menjadi Bangsa yang lebih maju” tutur , Wakapolres Jepara Polda Jateng Kompol Dr. Pranandya Subiyakto, S.H.,M.Hum.

(Humas Polres Jepara)

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.