Waspada Bencana : Siaga Posko, Sukarelawan dan Perahu Karet

bhinnekanusantara.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wahyu Sukarno Adi Prayitno menertibkan imbauan melalui Surat Edaran Bupati Pemalang yang meminta warga di daerah perbukitan meningkatkan kewaspadaan, memasuki musim hujan ini. “Memasuki musim penghujan ini perlu diwaspadai becana angin puting beliung, banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang,” kata Wahyu, Jumat (3/1).

Menindaklanjuti edaran itu, BPBD mengoperasionalkan posko siaga bencana baik di BPBD maupun di desa-desa dengan meminta bantuan Camat. Posko disiagakan selama 24 jam. Sementara untuk mengantisipasi bencana alam banjir BPBD sudah menyiagakan empat perahu karet. Selanjutnya berkoordinasi dengan Satpolair Polres Pemalang dan TNI AL apabila perahu karet dirasa kurang jumlahnya saat terjadi bencana banjir.

Untuk menghadapi bencana longsor, BPBD menyiapkan sukarelawan-sukarelawan yang siap diterjunkan ke daerah bencana. Sukarelawan ini sebelumnya sudah menjalani pelatihan sehingga keahlian mereka sudah cukup baik.

BPBD juga menyiapkan gergaji mesin untuk mengatasi pohon tumbang baik akibat hujan maupun angin kencang. Sementara di musim penghujan ini warga tetap diimbau untuk waspada terhadap bahaya kebakaran.

“Meskipun musim penghujan, bahaya kebakaran tetap perlu diwaspadai karena itu kami juga menyiapkan armada bahkan menambah satu truk pemadam kebakaran yang baru,”ujarnya.

 

sumber : suaramerdeka

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi