Wilayah Jatim masih Diguyur Hujan Intensitas Tinggi

Surabaya – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memprediksi sejumlah wilayah di Jawa Timur masih akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi hingga tiga hari ke depan.

Maka, warga yang tinggal di wilayah rendah atau rawan banjir diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Hujan dengan intensitas tinggi masih akan mengguyur sejumlah wilayah di Jawa Timur. Hal ini terjadi karena ada beberapa tekanan udara rendah di antaranya di Samudra Hindia dan di selatan Pulau Jawa.

“Tekanan udara rendah ini mengakibatkan kelambatan massaudara basah atau angin di wilayah Jawa Timur. Kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya kumpulan massa udara yang berpotensi terjadinya hujan,” kata prakirawan BMKG Juanda Agatha Mayasari, Kamis(7/3).

Meski puncak musim hujan sudah lewat pada awal Januari dan Februari lalu, sejumlah wilayah di Jawa Timur masih diguyur hujan intensitas tinggi hingga tiga hari ke depan. Masyarakat yang tinggal di wilayahrawan banjir diharapkan meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi hal tak diinginkan.

Wilayah yang diguyur hujan intensitas tinggi di antaranyaadalah di wilayah Kabupaten Madiun, Ngawi, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo hingga wilayah Malang bagian selatan.

Selain di sejumlah kabupaten tersebut, wilayah utara Jawa Timur seperti Pulau Bawean dan Madura juga akan diguyur hujan intensitas tinggi.

“Kami mengimbau masyarakat di wilayah-wilayah tersebutmeningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya.

 

 

Sumber : Detik

Editor : Awlina login by Polda Jateng