Wujudkan Ketahanan Pangan, Begini Yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Polres Blora

Polres Blora Polda Jawa Tengah – Untuk mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi covid – 19, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kauman Polsek Blora Bripka Achmad Nur Kholik rela berjam – jam menghabiskan waktu luangnya disawah. Bintara Polri yang hobi beternak dan bertani tersebut beraktifitas di sawah seusai tugas atau saat lepas dinas.

Selain menggarap sawahnya sendiri, tak jarang Bhabinkamtibmas ini membantu warga sekitar tempat tinggalnya untuk berdiskusi ataupun memberikan solusi atas kendala yang mereka alami dalam pertanian.

“Alhamdulilah setelah selesai tugas kami manfaatkan waktu untuk bertani, latar belakang saya memang petani, karena orang tua saya juga petani, jadi sejak kecil sudah terbiasa dengan dunia pertanian,” kata Bripka Kholik, Jumat, (05/06/2020).

Bripka Kholik menceritakan bahwa selain menggarap sawah dirinya juga memanfaatkan pekarangan sekitar rumah untuk bertanam. “Untuk sawah, kami tanami padi dan jagung, sedangkan untuk pekarangan kami manfaatkan untuk bertanam sayur sayuran,” urai Bripka Kholik.

Dari hasil penjualan hasil panennya tersebut dapat menambah pendapatan dan tentunya dapat meningkatkan taraf hidup keluarga, “Alhamdulilah dari hasil panen bisa menambah penghasilan, bahkan jika panen padinya bagus, buat makan setahun saja berlebih,” tandas Achmad Kholik.

Bripka Kholik menambahkan, dengan situasi dan kondisi serta faktor cuaca dan musim di wilayah kabupaten Blora, dirinya bisa panen raya padi setahun dua kali, tentunya dengan memanfaatkan sumber air di sekitar sawahnya, sedangkan jika tidak ditanami padi, sawahnya ditanami jagung, cabai, ataupun sayuran macam mentimun dan kacang – kacangan, “Kita ingin mengajak warga agar memanfaatkan lahan mereka dengan tepat dan maksimal, kebanyakan petani disini hanya menanam padi dan jagung saja, namun setelah melihat hasil tanaman kami, mereka mulai berani menanam sayur sayuran,” tukas Kholik.

Sementara itu Kapolsek Blora AKP Joko Priyono,SH mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh, jika ada anggotanya yang mempunyai kegiatan di luar dinas yang bermanfaat, “Tentunya kita dukung jika ada anggota yang mempunyai usaha, salah satunya adalah pertanian, namun usaha tersebut jangan sampai melanggar aturan dan yang penting halal,” kata Kapolsek.

(Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi